Selasa, 10 Maret 2015

MAHASISWA JADI PENGUSAHA ??? ADA TRIKNYA !!!
Menjadi pengusaha yang sukses untuk saat ini memang menjadi impian banyak mahasiswa. Apalagi semakin hari semakin jarang lapangan kerja yang tersedia. Kenyataan yang didapatkan banyak sekali lulusan perguruan tinggi yang akhirnya harus menganggur karena terbatasnya lapangan kerja.
Karena semakin banyaknya fakta yang dapat diamati mengenai pengangguran intelektual tersebut, kini banyak mahasiswa yang memulai usahanya sejak dari kuliah. Ada yang sekali usaha langsung jalan, tapi ada juga yang mencoba beberapa kali namun tidak berhasil. Kenyataan akan kegagalan di awal usaha memang sangat menakutkan. Namun kini mahasiswa tidak perlu galau lagi karena ada trik sukses jadi pengusaha muda meski masih menjadi mahasiswa.
Tanggap akan kebutuhan tersebut, Pusat Pengembangan Bimbingan dan Konseling Mahasiswa (P2BKM) dibawah Lembaga Pengmbangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Malang mengadakan Workshop Career Days. Pembicara dalam workshop tersebut tentu saja pengusaha-pengusaha papan atas Indonesia.
Sebut saja Dra Surayyah Pengusaha Batik Madura yang karyanya dipakai orang-orang penting di negeri ini seperti menteri dan gurbernur serta pejabat-pejabat pemerintahan yang lain. Dibalik kesuksesannya yang luar biasa tersebut dirinya berbagi ilmu dengan seluruh mahasiswa yang hadir.
Awalnya pembatik yang mengawali usahanya dengan berhenti kuliah setelah lulus SMA ini, memberikan pertanyaan kepada mahasiswa. Pertanyaan yang diberikan seputar usaha apa saja yang sekarang sedang digeluti oleh mahasiswa. Tak lama munculah seorang mahasiswa bernama Linur yang menyatakan sedang memproduksi sebuah tas yang tahan membawa beban sampai 15 kg.
Dari Linur inilah, Surayyah mencoba melihat produknya, dan memberikan tips-tips kemana saja barang-barang produksi baru bisa ditawarkan. “Jika kalian punya produk buatan kalian apapun itu, bawa saja ke Mirrota Batik yang terletak di Surabaya. Nanti pasti bisa bantu memasarkannya.”
Tips yang lain seperti membuat list kerja, segera melangkah, dan mengenal bidikan pasar (kelas atas atau bawah) juga perlu dilakukan. Selain itu melupakan kesempurnaan untuk segera memulai, selalu membicarakan bisnis dengan orang-orang yang ditemui, serta menjadikan semuanya accountable perlu menjadi perhatian khusus bagi orang-orang yang ingin menjadi pengusaha sukses.
“Intinya memulai usaha sejak mahasiswa itu sangat bagus. Jual apa saja yang bisa dijual dan halal, atau produksi apa saja yang bisa kalian produksi nanti lama kelamaan akan terbentuk jiwa-jiwa pengusaha pada diri kalian. Jangan lupa juga tiga modal penting ini yaitu kemandirian, kreativitas dan inovasi,” ucap Surrayah dengan senyum sipul dan semangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar